A-
 A 
A+
Open login
Artikel Pertolongan Pertama Pertolongan Pertama: Perih Buang Air Kecil
Pertolongan Pertama: Perih Buang Air Kecil
Saturday, 27 August 2011 21:18    PDF Print E-mail
Rasa sakit atau perih saat buang air kecil dapat diakibatkan oleh infeksi pada sistem pembuangan air; iritasi atau luka di area kemaluan; atau batu (mineral) pada saluran urin. Urinary tract infection (UTI) / infeksi saluran kemih adalah penyebab rasa sakit yang paling sering terjadi.

Penyebab infeksi saluran kemih antara lain ... adalah karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga bakteri dari alat kelamin ataupun dubur masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri tersebut antara lain Escherichia Coli, Klebsiella dan Pseudomonas. Yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih adalah kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kemaluan. Hal ini bisa saja karena cara cebok yang salah, suka menahan buang air kecil ataupun kencing batu.

Penyakit infeksi saluran kemih ini lebih sering terjadi pada wanita karena saluran kencing pada wanita sangat pendek sehingga memudahkan masuknya bakteri.
 
Berikut petunjuk mengenai ciri-ciri, gejala, tindakan dan pencegahan terhadap terjadinya rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil yang dialihbahasakan dari sini ...
  

Ciri-ciri dan Gejala:

Rasa terbakar atau perih pada saat buang air kecil

Keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya

Air kencing berbau tidak enak, berdarah atau berwarna yang tidak wajar

Demam atau menggigil

Selera makan yang berkurang atau malas beraktifitas

Cepat atau gampang marah

Mual-mual atau muntah

Rasa sakit pada punggung bawah - pinggang atau sakit pada bagian perut / pusar

Ngompol secara tidak sengaja (bagi anak yang sudah tidak lagi ngompol)



Tindakan:

Hubungi dokter atau bawalah ke rumah sakit jika anak merasakan sakit saat buang air kecil atau jika anak tidak dapat buang air kecil.

Ikuti saran dan instruksi dokter.

Doronglah anak agar banyak meminum air putih.

Berikan acetaminophen / paracetamol atau ibuprofen jika dibutuhkan untuk mengurangi rasa sakit dan tidak enak badan (note: paracetamol terutama digunakan untuk menurunkan panas badan yang disebabkan oleh karena infeksi atau sebab lainnya).


Pencegahan:

Hindari berendam dengan air sabun berbusa (bubble bath) - saat mandi, bersihkan dan bilaslah area kemaluan dengan sabun secukupnya atau dengan air hangat.

Segera ganti popok yang sudah lembab dan sudah basah / penuh.

Ingatkan anak untuk rutin buang air kecil ke kamar mandi (jangan sampai anak menahan membuang air kecil).

Ajarkan anak perempuan untuk melap secara halus dan pelan-pelan dari depan sampai belakang saat setelah buang air kecil dan pastikan agar tidak ada sisa toilet paper yang tertinggal di area kemaluan.


Disclaimer: Artikel ini hanya memberikan petunjuk secara umum dan belum tentu berlaku sama pada kejadian yang anda alami.  Apabila anda ragu, sebaiknya tetaplah berkonsultasi ke dokter atau membawa korban ke rumah sakit agar dapat memperoleh tindakan yang tepat.  Babytoyboxonline semata-mata mengalihbahasakan dari artikel yang berbahasa asing agar dapat menjadi referensi bagi kita bersama.

blog comments powered by Disqus